Cerita di balik Ctrl-Alt-Del

Ctrl-Alt-Delete adalah kombinasi tombol di papan ketik komputer kita yang biasanya kita gunakan baik untuk melakukan reboot ataupun memunculkan Task Manager (Windows). Kombinasi tiga tombol ini terkenal dengan sebutan “Three-finger salute“.

Adalah David Bradley yang merancang tiga tombol ini saat dia bersama 12 teknisi lain merancang IBM PC. Saat itu, para teknisi harus sering kali melakukan restart ulang terhadap IBM PC dengan cara mematikan komputer, yaitu menghentikan asupan listrik ke komputer dan menyambungkannya lagi. Akan tetapi, cara ini membutuhkan waktu relatif lama padahal pekerjaan melakukan restart perlu dilakukan berulang-ulang. Ini memerlukan waktu lama karena setelah dimatikan, para teknisi harus menunggu terlebih dahulu sebelum komputer kembali dihidupkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan catu daya dan hard disk.

Untuk mengatasi ini, David Bradley merancang cara untuk melakukan warm reboot, yaitu me-restart ulang komputer tanpa harus menghentikan asupan listrik. Bradley memilih Ctrl-Alt-Del karena kombinasi ketiga tombol ini kecil kemungkinan ditekan secara bersamaan secara tidak sengaja.

Ketiga tombol ini, yang awalnya hanya dirancang untuk para teknisi, ternyata dianggap berguna oleh para pengembang sistem operasi sehingga digunakan untuk satu fungsi tertentu di sistem operasi. Demikianlah muncul pernyataan David Bradley “I may have invented it (control-alt-delete), but I think Bill [Gates] made it famous“.

Leave a Reply